Beautiful Words

Beautiful words stir my heart. I will recite a lovely poem about the king, for my tongue is like the pen of a skillful poet.

PARA PELARI 1 “JANGAN TINGGALKAN GELANGGANG PERTANDINGAN”


Jangan Tinggalkan Gelanggang Pertandingan

Seorang raja mengadakan pertandingan lari marathon. Sang raja menjanjikan hadiah berupa gelar kebangsawanan dan sebuah piala emas bagi pemenangnya. Pertandingan itu terbuka bagi seluruh rakyat tanpa batasan status, profesi, dan usia. Masing-masing peserta diberi time limit tersendiri sesuai pertimbangan dan kebijaksanaan raja.

Sepadan dengan besarnya hadiah yang dijanjikan, medan yang harus dilalui sama sekali tidak mudah. Memang pada beberapa sisi jalan tertentu berdiri para supporter yang memberi semangat pada para pelari yang lewat, namun ada saatnya para pelari ini harus melewati hutan belantara, serta jalanan terjal menanjak dan menurun. Bahkan ada jalanan yang berada persis di bibir jurang. Bukan itu saja, mereka juga harus menyeberangi sungai deras berbatu licin. Meski nampak berbahaya, sebenarnya raja telah menempatkan para penjaganya dimana-mana untuk memastikan keselamatan para peserta pertandingan.

Banyak yang mengikuti pertandingan ini, namun sayang banyak pula yang berhenti di tengah jalan. Sebagian karena time limit mereka telah habis, sebagian lagi memang tidak ingin melanjutkan pertandingan. Akhirnya hanya segelintir pelari yang berhasil mencapai garis finish.

Di garis finish, sang raja dengan pakaian kebesaran kerajaannya telah menunggu kedatangan para pelari. Setiap kali seorang pelari memasuki garis finish, selalu disambut dengan sorak sorai dan gegap gempita musik, nyanyian, dan tarian yang dimainkan secara live. Bahkan sang raja berdiri menyambutnya dengan tertawa senang dan tatapan bangga, sehingga setiap pelari merasa bahwa dirinya adalah pemenang.

Sang raja tahu bahwa para pelari ini telah berjuang sekian lama. Itu sebabnya raja juga menggelar pesta meriah dan menjamu mereka dengan berbagai hidangan lezat dan mewah agar mereka dapat beristirahat dari jerih lelahnya.

Lalu tibalah saat yang dinanti-nantikan. Penyerahan hadiah! Sebuah kejutan telah dipersiapkan oleh sang raja untuk para pelarinya. Ternyata bukan hanya satu pemenang yang memperoleh hadiah, tetapi semua pelari yang berhasil mencapai garis finish. Seketika segala keletihan lenyap saat mereka menerima piala emas dan gelar kebangsawanan kerajaan yang tak akan pernah diambil lagi dari hidup mereka.

Mengetahui semua itu, banyak peserta pertandingan yang menyesal mengapa mereka tidak menyelesaikan pertandingan. Seandainya saat itu mereka bertahan sampai akhir. Seandainya mereka berlari lebih cepat sehingga tak kehabisan waktu. Seandainya mereka lebih fokus. Seandainya… Seandainya….. Tetapi semua sudah terlambat. Pertandingan telah berakhir!

 

Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. (1 Korintus 9:24-25)

 

Dalam pertandingan di dunia, semua peserta berusaha menjadi pemenangnya. Meraih piala dan gelar juara adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan. Mereka berlatih dengan keras dan berusaha memenangkan lomba dengan kekuatan maksimal. Bahkan ada yang rela berbuat curang asalkan bisa mengalahkan pesaingnya.

Dalam kehidupan, ANDA dan SAYA adalah para PELARI dalam PERTANDINGAN IMAN. BUKAN UNTUK BERSAING demi mengalahkan orang lain, tetapi untuk MENGERJAKAN KESELAMATAN yang telah kita terima dan MENYELESAIKAN PANGGILAN kita masing-masing.

Setiap kita diberi TIME LIMIT, yaitu USIA yang DIANUGERAHKAN OLEH TUHAN. Apa dan bagaimana kita menjalani kehidupan akan menentukan hasil akhir pertandingan. Jika kita berhasil mengakhiri pertandingan dengan baik, KITA SEMUA akan mendapat hadiah kekal dari Allah.

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah TERSEDIA BAGIKU MAHKOTA KEBENARAN yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; TETAPI BUKAN HANYA KEPADAKU, MELAINKAN JUGA KEPADA SEMUA ORANG yang merindukan kedatangan-Nya. (2 Timotius 4:7-8)

Karena itu mari kita berusaha dan bertekun dalam mengiring Tuhan Yesus. JANGAN MENINGGALKAN GELANGGANG PERTANDINGAN sebelum mencapai garis akhir. Selesaikan pertandingan kita dalam kesungguhan dan ketaatan dengan kekuatan dari Allah. Gunakan waktu yang dianugerahkan Tuhan dengan bijaksana. Jangan menggunakannya untuk hal bodoh dan sia-sia.

Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. (1 Timotius 6:11-12)

Kita tidak dipanggil untuk bersaing satu sama lain, tetapi untuk hidup dalam penggenapan rencana Allah  selama rentang waktu yang dianugerahkan-Nya.

 

AMIN

 

Oleh: Sella Irene – Beautiful Words

Posted in English: The runners 1 “DO NOT LEAVE YOUR RACE” (click here)

Foto : Google Images

 

 

Advertisements

4 comments on “PARA PELARI 1 “JANGAN TINGGALKAN GELANGGANG PERTANDINGAN”

  1. Pingback: PARA PELARI 3 “WASPADALAH!” | Beautiful Words

  2. Pingback: Para Pelari 2 “PELARI KETUJUH” | Beautiful Words

  3. Pingback: Para Pelari 2 “PELARI KE TUJUH” | Beautiful Words

  4. Pingback: THE RUNNERS 1 “DO NOT LEAVE YOUR RACE” | BeautifulWords

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

translate this blog

Follow Beautiful Words on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,425 other followers

Archives

%d bloggers like this: