Beautiful Words

Beautiful words stir my heart. I will recite a lovely poem about the king, for my tongue is like the pen of a skillful poet.

Apakah Anda Diberkati Tuhan? (Posted in English: DO WE SEE IT AS A GOD’S BLESSING?)


APAKAH ANDA DIBERKATI TUHAN??Bulan berganti bulan, tahun berganti tahun. Berbagai hal telah kita lewati. Sebagian menyenangkan, sebagian menyedihkan. Ada masalah yang telah selesai dengan tuntas, ada yang masih harus dihadapi entah sampai kapan. Banyak keinginan telah terkabul, namun banyak juga yang masih harus bersabar menanti. Ada yang mengalami peningkatan dan promosi, tapi ada yang justru terpuruk. Beberapa doa mendapat jawaban sesuai keinginan, tapi doa yang lain masih harus menunggu. Kita pernah berada dalam situasi yang sangat mengkhawatirkan hingga kita membayangkan hal-hal sangat buruk pasti akan terjadi pada kita. Ada pula saat di mana kita terdesak dan pertolongan Tuhan seperti terlambat, yang membuat kita membayangkan hidup kita pasti akan berantakan.

 

Sekarang, jika kita menoleh ke belakang dan mengingat kembali semuanya, bukankah hal buruk yang kita takutkan dan kuatirkan ternyata tak terjadi?! Mungkin karir tak sebagus yang diharapkan, omzet tak meningkat atau bahkan turun, saldo di rekening tak sebanyak sebelumnya, kehilangan orang terkasih, sakit, dan banyak situasi yang sesungguhnya tak kita inginkan. Tetapi apa pun yang telah terjadi dan bagaimana pun keadaan kita saat ini, tetaplah tak seburuk yang kita bayangkan, bukan? Tidakkah kita melihat itu sebagai berkat Tuhan??

 

SEMUA ADALAH BERKAT

 

SEGALA HAL YANG DIIJINKAN TUHAN TERJADI DALAM HIDUP INI : kita sadari atau tidak, kita rasakan atau tidak, menyenangkan atau tidak… Semua adalah untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. SEMUA ADALAH BERKAT!

 

Manusia cenderung menganggap berkat hanya sebatas sesuatu yang kelihatan “wow”: mendapat rumah baru, mobil baru, kenaikan jabatan, mendapat pasangan hidup yang lama dinantikan, mujizat sembuh dari sakit, rangking tertinggi di kelas, mendapat order besar, bisa berlibur ke luar negeri, dan segala hal menyenangkan lainnya. Lalu… Bagaimana dengan hal rutin yang berjalan normal? Misalnya: bisnis berjalan lancar, tubuh sehat, study tanpa hambatan, pekerjaan baik, dan semua rutinitas yang berjalan biasa saja tanpa ada hal yang spektakuler. Tidakkah kita melihat itu sebagai berkat Tuhan?? Dan… Bagaimana pula dengan sesuatu yang terlihat buruk saat dilalui tapi ternyata ujungnya baik bagi kita?? Tidakkah kita juga melihat itu sebagai berkat Tuhan??

 

Saya mengenal seorang pengusaha tour and travel. Dia telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan besar dengan baik. Beberapa tahun lalu dia mengajukan permohonan kerjasama kepada salah satu perusahaan baru yang cukup besar pada saat itu. Entah mengapa permohonan itu ditolak padahal semua persyaratan sanggup dipenuhinya, termasuk jika harus menaruh nominal tertentu sebagai jaminan. Dia bertanya pada Tuhan mengapa permohonan kerjasamanya ditolak. Hingga akhirnya semua menjadi jelas ketika beberapa tahun kemudian perusahaan besar yang menolaknya itu bangkrut. Banyak teman-temannya sesama pengusaha tour and travel yang menjalin kerjasama dengan perusahaan itu merugi karena sejumlah besar uang jaminan yang tak kembali. Tapi dia sendiri diluputkan Tuhan dari kerugian besar itu. Apa yang terjadi seandainya saat itu permohonan kerjasamanya disetujui? Lihatlah… tak semua hal yang pada awalnya terlihat buruk, pasti buruk pada akhirnya, bukan?? Tuhan melihat masa depan dan Dia telah mengatur semuanya untuk kebaikan anak-anakNya. Tidakkah kita melihat itu sebagai berkat Tuhan??

 

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu  (Yesaya 55:8-9)

 

JALAN-NYA SEMPURNA

 

KARYA-NYA NYATA DAN KASIH-NYA TAK BERKESUDAHANSeringkali kita tak mengerti jalan Tuhan, bahkan kita sering salah mengerti perbuatan Tuhan. Kita menganggap Tuhan baik saat kita merasa diberkati. Kita menganggap Tuhan tidak baik saat hal yang tak menyenangkan diijinkanNya terjadi. Dan kita menganggap wajar semua hal yang berjalan rutin dan normal.

Tidakkah kita menyadari bahwa Allah terlibat dalam semua peristiwa, bahkan dalam rutinitas dan hal alamiah yang nampak biasa saja? Tuhan menjaga detak jantung kita, membuat semua otot kita bergerak normal, otak kita berfungsi dengan baik. Tanpa kita sadari, Tuhan telah menjaga dan meluputkan kita dari banyak hal buruk yang seharusnya terjadi. Tetapi, dengan hikmatNya yang sempurna Tuhan juga mengijinkan kita menghadapi masalah. Semua itu untuk menyatakan kemuliaanNya dan mengeluarkan potensi terbaik yang Tuhan letakkan dalam diri kita, yang pada akhirnya menghasilkan nilai-nilai kekekalan yang akan kita bawa saat kembali kepadaNya.

 

O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!  (Roma 11:33)

 

Kita tak selalu bisa melihat tanganNya bekerja.

Kadang Dia bekerja diam-diam tapi kita merasakan hasil perbuatanNya.

Dia mengubah hal buruk menjadi kebaikan dan keuntungan buat kita.

Mungkin kita tak mengetahuinya sekarang, tapi waktu telah membuktikan dan hidup kita adalah saksinya, bahwa karyaNya nyata dan kasihNya tak berkesudahan.

Hari ini… Bagaimana pun situasi Anda,  jika seseorang bertanya: “Apakah Anda diberkati oleh Tuhan?” Apa jawab Anda??

 

 

Oleh: Sella Irene – Beautiful Words

POSTED IN ENGLISH “Do We See It As A God’s Blessings?” (click here)

Photos by : Sella Irene

Advertisements

One comment on “Apakah Anda Diberkati Tuhan? (Posted in English: DO WE SEE IT AS A GOD’S BLESSING?)

  1. Pingback: Do we see it as a God’s blessing?? | BeautifulWords

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

translate this blog

Follow Beautiful Words on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,425 other followers

Archives

%d bloggers like this: