Beautiful Words

Beautiful words stir my heart. I will recite a lovely poem about the king, for my tongue is like the pen of a skillful poet.

KUAT BAGAI BERLIAN (posted in English “TOUGH AS A DIAMOND”)


Kuat bagai berlianHati adalah salah satu area terpenting dalam kehidupan kita. Bahkan langkah pertama perjalanan kekristenan kita diawali dengan membuka pintu hati kita bagi Yesus.

Begitu pentingnya segala sesuatu yang berhubungan dengan hati sehingga Tuhan memberikan ribuan ayat serta banyak contoh keberhasilan dan kegagalan para tokoh Alkitab karena sikap hati mereka. Tentang Daud, kita tahu bahwa Daud pernah jatuh dalam dosa pembunuhan dan perzinahan saat dia secara tidak langsung membunuh Uria lalu mengambil Betsyeba menjadi istrinya. Tapi mengapa dalam Kisah 13:22 Tuhan menyebut Daud sebagai orang yang berkenan di hati-Nya? Karena Daud memiliki hati yang lembut ketika dia ditegur oleh nabi Natan tentang dosanya (Mazmur 51). Demikian pula dengan Musa. Alkitab secara spesifik menulis bahwa Musa adalah seorang yang sangat lembut hatinya lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi (Bilangan 12:3). Sebaliknya, yang membuat sebagian besar bangsa Israel yang keluar dari Mesir tidak dapat masuk ke tanah Kanaan dan bahkan mati dipadang gurun adalah karena mereka mengeraskan hati melawan Tuhan.

Kali ini, seorang remaja yang beranjak dewasa, Sandra Clarita, ingin berbagi apa yang dipelajari dan dialaminya bersama Tuhan tentang hati. Saya percaya tulisan ini akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih tangguh dan teguh untuk terus hidup dalam kebenaran, apapun kondisinya. Selamat menikmati…

 

KUAT BAGAI BERLIAN

Hati sekuat berlianPada ulang tahun saya yang ke tujuh belas, kakak angkat saya yang tercinta memberi hadiah sebuah kalung berlian. Dia menjelaskan mengapa memberi saya sebuah kalung berlian, “Berlian bukan saja sebagai symbol cinta sejati dan keabadian, tapi juga sebagai symbol dari kekuatan dan keteguhan. Jadi ketika melewati hidup ini, kau harus memiliki hati sekuat dan seteguh berlian. Hidup tidaklah mudah. Akan selalu ada masalah, tantangan, godaan dan kesulitan yang harus kau hadapi.”

Berbicara tentang berlian, berlian terbentuk dari karbon mineral murni yang mengkristal sebagai proses kimia di dalam perut bumi selama ratusan juta tahun. Umumnya berlian alam terbentuk pada suhu dan tekanan tinggi pada kedalaman 140-190 kilometer di dalam lapisan bumi. Berlian mempunyai sifat fisik yang khusus dan istiwewa. Keistimewaan ini mengacu pada kekerasan dan kemampuan untuk menyebarkan cahaya seperti prisma. Berlian dikategorikan sebagai batu permata yang paling keras sebab berlian memiliki kepadatan atom yang sangat rapat. Dan sifat berlian yang kuat digunakan Tuhan untuk menggambarkan keteguhan yang diberikan-Nya kepada kita untuk bisa menghadapi berbagai kesulitan hidup di dunia ini. Tuhan memakai berlian sebagai symbol kekuatan dan keteguhan di dalam kisah Yehezkiel.

Yehezkiel dipakai Tuhan untuk menghadapi bangsa yang keras kepala, yang memberontak melawan Tuhan. Tuhan tahu bahwa ini jelas bukan suatu tugas yang mudah. Oleh sebab itu Tuhan memberi Yehezkiel hati sekuat batu berlian untuk memampukan dia menghadapi tugasnya yang sulit.

“Lihat, Aku meneguhkan hatimu melawan mereka yang berkepala batu dan membajakan semangatmu melawan ketegaran hati mereka. Seperti batu intan, yang lebih keras daripada batu Kuteguhkan hatimu: janganlah takut kepada mereka dan janganlah gentar melihat mukanya, sebab mereka adalah kaum pemberontak.”

(Yehezkiel 3:8-9)

Saya merenungkan suatu hal. Betapa kita juga membutuhkan hal yang sama dalam menghadapi hari demi hari di masa yang sulit ini. kita harus memiliki hati sekuat dan seteguh berlian. Kitab suci menyebutkan bahwa dunia tempat kita hidup berada di bawah kuasa si jahat. “Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.” (1 Yohanes 5:19). Kita juga hidup dimana orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, dan mereka menyesatkan dan disesatkan, sebagaimana tertulis dalam 2 Timotius 3:13.

Di dunia remaja saya, saya menemukan banyak teman Kristen yang begitu mudah dan cepat terbawa arus ke pergaulan yang tidak berkenan dan berlawanan dengan perintah Tuhan. Mereka terjebak di dalam sebuah pergaulan bebas dan mengabaikan norma-norma kekeristenan. Mereka tidak lagi takut akan Tuhan dan bahkan cenderung melawan apa yang Tuhan perintahkan.  Mereka mengabaikan firman Tuhan yang berkata, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan” (Amsal 4:23). Mereka lupa bahwa setan selalu menjadikan kita sebagai target utama agar kita terjerat dan jatuh ke dalam dosa. “Dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.” (2 Timotius 2:26}

Setan tidak akan tinggal diam untuk mencapai tujuannya dengan menawarkan kesenangan duniawi yang setiap saat bisa membuat kita jatuh dalam dosa. Dan lebih mengerikan lagi, kita akan berada di suatu kondisi yang sulit untuk mengatakan “Tidak” dan cepat atau lambat setan akan menghancurkan kita.

Teman-teman, oleh karena itu kita butuh hati yang teguh, kuat seperti batu berlian yang akan selalu memotivasi kita, membuat kita sadar dari berbagai kesesatan dan terus menjalani hidup bagi kemuliaan Tuhan. Dan Tuhan telah menyediakan itu untuk kita. Dalam menjalani hidup ini, jelas kita harus memiliki hati yang seteguh dan sekuat berlian sebab kita tidak akan bisa menjadi garam dan terang dunia jika kita memiliki hati yang lemah dan mudah terpengaruh oleh  godaan dunia.

“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” (Matius 26:41)

Dan untuk itu, sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga diri kita di dalam hubungan yang dekat dengan Tuhan melalui doa dan senantiasa taat kepada perintah Tuhan. Hati yang tak teguh dan kuat seperti berlian akan memampukan kita  untuk melakukan yang terbaik untuk kemuliaan Allah, bahkan di tempat dan situasi yang sulit. Sebagai anak Tuhan dan sebagai remaja, bagaimana kehidupan kita selanjutnya jika saat ini kita sudah terjerat dalam lembah dosa akibat kita tidak memiliki keteguhan hati dan tidak sanggup melawan godaan dunia?

Pilihan ada ditangan kamu…

(oleh : Sandra Clarita)

Background Text : Google Images

Advertisements

5 comments on “KUAT BAGAI BERLIAN (posted in English “TOUGH AS A DIAMOND”)

  1. juzzeeya
    August 5, 2014

    🙂

    Like

  2. juzzeeya
    August 4, 2014

    Tulisan yg memberkati 🙂

    Like

    • hai cewek manis yg lagi blogging, apa kabar ?
      Makasih banyak sudah berkunjung. Itu yg nulis masih 17 tahun looh 🙂 Makasih sudah baca yaaa ((hugs))

      Like

      • juzzeeya
        August 4, 2014

        Kabar baik c :), thx
        Moga cSella jga baik
        Sama2 c hehe. Sempet vakum blogging stgh tahunan.
        Iya, muda dan berbakat. Sy baca jga puisi ultah cSella buat dia. Apanya cc?

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 4, 2014 by in GUEST WRITER and tagged , , , , , , , , , , .

translate this blog

Follow Beautiful Words on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,423 other followers

Archives

%d bloggers like this: